Blog / InfoViat / Liburan ke Banyumas? Yuk, Cobain 7 Kuliner Ini yang Bakal Bikin Ketagihan

Liburan ke Banyumas? Yuk, Cobain 7 Kuliner Ini yang Bakal Bikin Ketagihan

Dibuat oleh: Admin Viat 21 August 2024, 07:41

Liburan ke Banyumas? Yuk, Cobain 7 Kuliner Ini yang Bakal Bikin Ketagihan

Siapa nih yang mau liburan ke Banyumas? Banyumas bukan hanya tentang keindahan alam dan sejarah yang kaya, tapi juga kesempatan untuk memanjakan lidah dengan kuliner khas yang menggugah selera. 


Jika kamu sedang mengagendakan untuk liburan ke Banyumas, jangan lewatkan untuk mencicipi berbagai hidangan lokal yang dijamin akan membuatmu ketagihan. Berikut ada beberapa kuliner yang wajib kamu coba selama liburan di Banyumas!

1. Soto Sokaraja

Siapa sih yang nggak tau Soto Sokaraja? Makanan ini merupakan hidangan khas dari Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Soto ini memiliki cita rasa unik dengan bahan utama seperti daging ayam, bihun, tauge, dan irisan daun seledri. 


Keunikan Soto Sokaraja terletak pada bumbu sambal kacangnya, yang disajikan bersama ketupat dalam satu mangkuk. Bumbu kacang ini memberikan rasa khas yang membedakan Soto Sokaraja dari soto lainnya.

2. Buntil 

Makanan khas Banyumas kedua yang bisa kamu coba adalah buntil. Hidangan ini terbuat dari daun singkong yang diisi dengan campuran kelapa parut, ikan teri, dan rempah-rempah, menjadikannya sajian yang tak terlupakan.


Buntil di Banyumas terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan daun yang digunakan sebagai pembungkusnya. Pertama, buntil talas, yang menggunakan daun talas sebagai pembungkus. Kedua, buntil singkong, di mana daun singkong digunakan untuk membungkus isiannya. Ketiga, buntil pepaya, yang dibungkus dengan daun pepaya.

3. Dage

Udah pernah dengar tentang dage? Mungkin masih asing buat kamu. Tapi di Banyumas, makanan ini sudah jadi favorit banyak orang. Dage adalah hasil fermentasi dari kelapa atau kacang yang berasal dari daerah Banyumas, Jawa Tengah. 


Rasanya unik dan berbeda dari makanan fermentasi lainnya. Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, siapkan ampas kelapa atau kacang khas Banyumas, lali haluskan. Setelah itu, fermentasi bahan tersebut seperti membuat tempe.

4. Tempe Mendoan

Makanan Khas Banyumas selanjutnya yaitu tempe mendoan. Saat kamu berkunjung ke Banyumas, makanan satu ini tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Meskipun mirip dengan tempe goreng biasa, tapi dari segi tekstur dan rasa sangat berbeda. 


Pembuatan tempe mendoan sangat mudah, cukup membalurkan tempe kedalam adonan tepung yang telah diberi bumbu dan potongan daun bawang, lalu di goreng. Agar lebih enak, kamu bisa menyantap tempe mendoan dengan sambal kecap. 

5. Getuk Sokaraja

Bagi pecinta makanan manis, gethuk goreng menjadi makanan khas Banyumas yang harus kamu coba. Kamu juga bisa menjadikan gethuk goreng sebagai oleh-oleh selepas liburan di Banyumas. Gethuk Goreng ini memiliki cita rasa manis dengan berbagai varian rasa, seperti gula merah, coklat, durian, dan lainnya. 


Uniknya, gethuk goreng dikemas dengan rapi dalam besek, khas Sokaraja. Kamu bisa menemukan gethuk goreng di pusat oleh-oleh sepanjang jalan Sokaraja. Selain berbelanja, kamu juga bisa menyaksikan proses pembuatannya langsung di sana. Gimana? Tertarik untuk mencoba?

6. Kraca

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata kraca? Warga Banyumas menyebut keong sawah dengan sebutan kraca. Mungkin kata ini masih asing bagi kamu. Masakan kraca memiliki cita rasa yang gurih nikmat, membuat siapa saja ketagihan saat mencicipinya. 


Olahan kraca, menjadi makanan khas Banyumas yang mudah ditemukan saat bulan puasa. Banyak pemburu takjil yang membeli kraca untuk disantap saat berbuka puasa. Tapi, kamu juga bisa menjumpai masakan ini di hari-hari biasa. Cara menyantap kraca cukup unik, yaitu disedot pada bagian cangkangnya.

7. Cimplung

Makanan khas terakhir yang wajib kamu coba di Banyumas adalah cimplung. Cimplung terbuat dari singkong yang dimasak dengan gula merah, daun pandan, vanili, dan sedikit garam. 


Hidangan ini memiliki cita rasa manis dengan tekstur yang kenyal, dan sangat cocok dinikmati bersama secangkir kopi atau teh. Saat berkunjung ke Banyumas, kamu bisa dengan mudah menemukan cimplung di berbagai tempat.


Itulah beberapa kuliner yang harus kamu coba saat berkunjung ke Banyumas. Kamu bisa menemukannya dengan mudah dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa untuk membelinya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Yuk, agendakan untuk liburan ke Banyumas. 


dok. (Pinterest/Grace Yudibrata)