Blog / InfoViat / Jangan Bingung! Inilah 7 Tips Camping untuk Pemula yang Perlu Kamu Tahu

Jangan Bingung! Inilah 7 Tips Camping untuk Pemula yang Perlu Kamu Tahu

Dibuat oleh: Admin Viat 10 August 2024, 07:24

Jangan Bingung! Inilah 7 Tips Camping untuk Pemula yang Perlu Kamu Tahu

Pengen camping tapi masih pemula? Nggak perlu bingung! Bagi kamu yang baru pertama kali mau coba camping, rasanya mungkin sedikit membingungkan dan bikin jantung berdebar. 


Tapi jangan khawatir! Artikel ini akan membahas tips camping untuk pemula yang bakal bikin petualangan kau jadi lebih mudah dan menyenangkan. Yuk, simak tips-tips yang wajib kamu tahu agar camping pertama kamu berjalan lancar dan penuh keseruan!

1. Susun jadwal kegiatan

Tips camping untuk pemula pertama yaitu menyusun jadwal kegiatan saat melakukan camping. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa semua rencana liburan berjalan dengan lancar. Jadwal membantumu untuk mengatur waktu dengan lebih efektif. 


Jadi, kamu tidak perlu bingung harus melakukan apa atau kehilangan waktu saat camping. Misalnya, kamu membuat jadwal waktu hiking, memasak, atau sekadar bersantai di sekitar perkemahan. Pastikan kamu menyusun jadwal dengan teliti sebelum berangkat camping. 

2. Cek perkiraan cuaca

Tips selanjutnya, kamu bisa mengecek perkiraan cuaca sebelum camping untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan selama berkemah. Cuaca yang tidak terduga, seperti hujan deras, bisa mempengaruhi kenyamanan selama camping. 


Dengan mengetahui prakiraan cuaca, kamu bisa mempersiapkan perlengkapan, seperti jas hujan, pakaian hangat, atau tenda yang tahan air. Dengan begitu, kamu bisa merencanakan aktivitas dengan lebih baik dan menghindari situasi yang bisa membuat pengalaman camping menjadi tidak menyenangkan.

3. Siapkan keperluan camping

Persiapan keperluan camping yang lengkap juga termasuk tips camping untuk pemula. Dengan memeriksa dan menyiapkan semua perlengkapan sebelum berangkat, kamu bisa menghindari situasi darurat yang tidak diinginkan, seperti terjebak dalam gelap tanpa penerangan atau kekurangan peralatan dasar.


Salah satu perlengkapan yang harus kamu bawa adalah senter. Alat yang satu ini sangat penting untuk penerangan di malam hari, ketika kamu melakukan aktivitas dasar seperti menyiapkan makanan atau pergi ke toilet di luar tenda.

4. Bawa P3K 

Membawa perlengkapan P3K saat camping adalah salah satu tips krusial bagi pemula untuk memastikan keselamatan selama berkemah. Dengan membawa kotak P3K yang lengkap, seperti plester, antiseptik, dan salep anti gatal, kamu dapat dengan cepat menangani masalah kesehatan kecil dengan baik. 


Selain itu, jangan lupa untuk membawa obat seperti obat demam, pusing, atau obat diare untuk menjaga kesehatan selama camping di alam terbuka. Cuaca yang mudah berubah bisa membuat tubuh kamu rentan terserang flu ataupun demam. Jadi, pastikan kamu menyiapkan P3K dengan lengkap. 

5. Bawa makanan praktis

Tips camping untuk pemula terakhir yaitu membawa makanan praktis agar mudah disiapkan dan dikonsumsi. Saat camping, fasilitas untuk memasak biasanya terbatas dan peralatan dapur tidak selalu lengkap seperti di rumah. 


Kamu bisa membawa makanan siap saji, cemilan yang mudah dibawa, atau bahan makanan yang tidak memerlukan banyak persiapan. Bawa juga makanan praktis namun bernutrisi untuk memastikan bahwa kamu memiliki cukup energi untuk beraktivitas sepanjang hari.


Tak lupa, kamu juga harus membawa air mineral yang cukup untuk mengantisipasi kekurangan air mineral saat camping. Bisa saja, ketika kamu camping di alam terbuka, kamu kesulitan untuk mendapatkan air mineral.