Blog / InfoViat / Ikon Banyumas! Inilah 5 Daya Tarik Menara Pandang Teratai Purwokerto

Ikon Banyumas! Inilah 5 Daya Tarik Menara Pandang Teratai Purwokerto

Dibuat oleh: Admin Viat 13 July 2024, 04:17

Ikon Banyumas! Inilah 5 Daya Tarik Menara Pandang Teratai Purwokerto

Saat berkunjung ke Banyumas, rasanya belum lengkap jika belum datang ke Menara Pandang Teratai Purwokerto. Destinasi wisata ini menjadi ikon di Banyumas sejak dibuka pada April 2022. Menara Pandang terletak di pusat kota, tepatnya di Kalibener, Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Menara Pandang dikelola oleh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pariwisata Kabupaten Banyumas. Menara ini memiliki tinggi 114 meter, cocok untuk menikmati kota dari ketinggian. 


Dari puncak menara, kamu bisa melihat keindahan kota Purwokerto dan sekitarnya. Tempat ini menjadi tempat yang sempurna untuk berfoto dan bersantai. Penasaran tentang daya tarik Menara Pandang Teratai Purwokerto ini? Yuk, simak penjelasan berikut ini. 

1. Jembatan Kaca

Daya tarik pertama Menara Pandang Teratai Purwokerto adalah jembatan berlantai kaca yang tembus pandang di lantai 3 menara. Jembatan ini membentang sejauh 3 meter dan memberikan pengalaman unik bagi para pengunjung. Meskipun kokoh dan aman untuk dilalui, namun permukaan transparannya mampu membuat jantung berdebar. 


Para pengunjung yang penasaran seringkali mencoba melalui jembatan kaca ini untuk menguji adrenalin mereka. Dari jembatan kaca ini, kamu bisa melihat langsung ke bawah dan merasakan adrenalin yang meningkat. Sensasi menegangkan ini berhasil mengundang rasa penasaran banyak pengunjung.

2. Menara Berbentuk Teratai

Daya tarik selanjutnya yaitu puncak menara yang berbentuk teratai. Puncak menara yang berbentuk bunga teratai ini mengandung filosofi dari Dwipa Semarang, dengan pembagian menara menjadi tiga tingkatan yang masing-masing memiliki makna simbolis. 


Tingkat paling bawah, menyimbolkan hubungan antar manusia. Tingkat tengah, melambangkan hubungan dengan alam. Sedangkan tingkat atas, menyimbolkan hubungan dengan Tuhan.


Selain nilai filosofisnya, bangunan menara ini juga dilengkapi dengan pencahayaan teknologi LED berwarna-warni yang memancar dari bawah hingga puncak. Pencahayaan ini menambah keindahan menara, terutama saat malam hari.

3. Patung Soekarno

Tak kalah menarik, di lantai dasar Menara Pandang Teratai Purwokerto, pengunjung akan disambut dengan beberapa patung Bung Karno yang menambah nilai historis dan edukatif pada destinasi wisata ini. Salah satu patung yang mencuri perhatian adalah patung sang proklamator sedang mengajar anak-anak membaca, memperkenalkan huruf-huruf “a i u e o”.


Selain itu, terdapat juga patung Bung Karno yang sedang berjabat tangan dengan seorang anak kecil. Patung ini tidak hanya menggambarkan kehangatan dan kepedulian Bung Karno terhadap anak-anak, tetapi juga menekankan pentingnya hubungan antara pemimpin dan generasi penerus. 


Keberadaan patung-patung ini menjadi salah satu spot foto yang paling diburu oleh pengunjung. Kamu tidak hanya dapat mengabadikan momen berharga, tetapi juga merasakan kedekatan dengan sejarah.

4. Klip Komik

Menara Pandang Teratai Purwokerto tidak hanya menawarkan daya tarik pemandangan indah dari puncaknya saja, tetapi juga memiliki daya tarik unik lain di lantai 1 yang menarik minat pengunjung, yaitu Klip Komik. 


Klip Komik ini menampilkan berbagai koleksi komik menarik, salah satunya adalah komik bersejarah yang ditandatangani oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 


Komik berjudul "Babad Pasirluhur Raden Kamandaka" ini mengisahkan cerita rakyat Banyumas yang legendaris tentang putra Pajajaran bernama Raden Banyak Catra. Dalam cerita ini, Raden Banyak Catra melakukan pengembaraan hingga mencapai Kadipaten Pasirluhur. 

5. Coffee Shop

Daya tarik terakhir Menara Pandang Teratai Purwokerto adalah terdapat sebuah coffee shop. Coffee shop ini menjadi tempat ideal untuk bersantai sambil menikmati secangkir kopi. Suasana yang nyaman menjadi tempat favorit untuk bersantai.


Kamu bisa menikmati panorama kota Purwokerto yang indah sambil menyeruput kopi favorit kamu. Tempat ini cocok untuk nongkrong bersama teman, bekerja, atau sekadar menikmati waktu sendiri.


Dengan beberapa daya tarik tersebut, Menara Pandang Teratai Purwokerto menjadi tempat ideal untuk bersantai bersama orang tersayang. Tempat ini buka dari Senin hingga Minggu pukul 09.00 - 22.00 dengan harga tiket Rp. 20.000 untuk weekdays dan Rp. 25.000 untuk weekend.


Nah, buat kamu yang mau mendapatkan diskon tiket masuk, kamu bisa menggunakan aplikasi Viat. Aplikasi Viat merupakan aplikasi membership yang kasih kamu promo eksklusif di banyak tempat seperti hotel, resto, kafe, wisata, sport center, dan event.


Jadi, kamu juga bisa dapetin promo menarik di Menara Pandang Teratai Purwokerto melalui aplikasi Viat. Yuk, download Viat sekarang di Play Store ataupun App Store dan rasakan keuntungannya!


Menara Pandang Teratai Purwokerto (dok. Google Maps/Edwien)