Blog / InfoKafe / Pastikan untuk Mencicipi 5 Makanan Khas Ini Saat Liburan ke Banyumas

Pastikan untuk Mencicipi 5 Makanan Khas Ini Saat Liburan ke Banyumas

Dibuat oleh: Admin Viat 26 June 2024, 08:21

Pastikan untuk Mencicipi 5 Makanan Khas Ini Saat Liburan ke Banyumas

Berlibur tanpa mencicipi makanan khas rasanya seperti ada yang kurang. Begitu juga saat liburan di Kota Banyumas. Selain tentang destinasi wisata dan budaya, Banyumas juga memiliki makanan khas yang menggugah selera.


Buat kamu yang berencana liburan ke Banyumas, berikut ini ada beberapa makanan khas Banyumas yang wajib kamu coba. Makanan-makanan ini mudah kamu temui di berbagai tempat dengan harga yang terjangkau.

1. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja menjadi makanan pertama yang bisa kamu coba saat liburan ke Banyumas. Makanan yang satu ini berisi daging ayam atau sapi, ketupat, bumbu sambal kacang, dan kerupuk cantir yang terbuat dari singkong.


Kuahnya yang segar sekaligus gurih membuat makanan ini banyak diburu. Soto Sokaraja mudah dijumpai di daerah Banyumas, khususnya Sokaraja. Banyak kios yang berjejer rapi menawarkan dagangannya. 

2. Getuk goreng

Suka makanan manis? Getuk goreng jawabannya. Makanan khas yang satu ini sering diburu sebagai buah tangan saat berkunjung ke Banyumas. 


Uniknya, getuk goreng ini memiliki sensasi gurih garing diluar karena terdapat tepung yang menyelimutinya. Rasanya manis legit, membuat siapa saja akan ketagihan saat mencobanya. 

3. Kraca

Masih asing dengan makanan satu ini? Kraca merupakan makanan khas Banyumas yang bahan dasarnya adalah keong kecil. Keong-keong ini sering kali didapatkan dari sawah yang kemudian diolah dengan diberi kuah.


Kraca memiliki rasa gurih dengan campuran garam, merica, pala dan bumbu lainnya. Cara makan kraca cukup unik, yaitu dengan menyedot keong yang sudah di buang penutupnya. Atau, bisa juga di cungkil menggunakan lidi ataupun garpu. 

4. Mendoan

Tak ketinggalan, mendoan juga menjadi makanan khas Banyumas, bahkan menjadi primadona. Bahan utama makanan ini yaitu tempe yang dibalur adonan tepung. 


Makanan ini sangat mudah dijumpai, seperti di tempat-tempat wisata, warung makan bahkan kafe. Mendoan disajikan selagi hangat dengan cabe rawit atau sambal kecap agar lebih nikmat. 

5. Nopia

Makanan khas Banyumas terakhir yang bisa kamu coba adalah Nopia. Makanan ini terbuat dari tepung terigu dan gula kelapa/gula jawa. Nopia memiliki dua ukuran yaitu kecil dan besar. 


Nopia memiliki berbagai varian rasa seperti rasa coklat, durian, cocopandan, nanas dan lainnya. Kamu bisa mendapatkan makanan khas Banyumas ini di pusat oleh-oleh. 


Saat liburan ke Banyumas, jangan lupa untuk mencicipi beberapa makanan khas diatas, ya. Rasanya yang unik membuat makanan ini semakin diburu oleh wisatawan maupun sebagai oleh-oleh untuk teman dan keluarga. 


Sumber gambar : Mendoan (dok. Finna Food)